Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Desember 2015

Workshop Guru TIK Se-Indonesia

Makassar, 21-23 Desember 2015
Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) Kemdikbud yang berpusat di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, merupaka wadah Guru TIK baik tingkat, SMP, SMA, dan SMK seluruh Indonesia mengadakan workshop Guru TIK Se-Indonesia, yang diikuti oleh 155 Guru TIK, beberapa Peninjau, dan Para Pengawas Sekolah.
Dalam rangka peningkatan kompetensi Guru TIK, dengan kegiatan penyusunan program Guru TIK, penyusunan rumusan kompetensi dan materi TIK, dan pengembangan inovasi TIK untuk pendidikan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh organisasi profesi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS) yang dilaksanakan pada selama tiga hari dari tanggal 21 s.d. 23 Desember 2015 bertempat di Singasana Hotel Makassar Sulawesi Selatan.
Acara Workshop Guru TIK se-Indonesia mengambil tema Penyusunan Program dan Pengembangan
Modul bagi Guru TIK dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Drs. Salam Soba, M.Pd. Sekretaris Disdik Provinsi ini mengutarakan era informasi teknologi yang begitu cepat berkembang dalam hitungan detik dan menit setiap kejadian di belahan dunia bisa langsung diketahui dengan cepat hanya melalui layar smartphone. Cepatnya perkembangan teknologi mengharuskan dunia pendidikan pun mengikuti perkembangannya, oleh sebab itu kemdikbud melalui LP3TK KPTK melakukan workshop guru TIK untuk tingkatan SMP, SMA, dan SMK.  Contoh perkembangan TI di dunia pendidikan adalah dilakukan sosialisasi ujian CBT yang tentu memerlukan peran Guru TIK dalam proses tersebut, oleh sebab itu peranan guru TIK menjadi sangat penting. Beliau mengharapkan workshop ini bisa menghasilkan sesuatu yang berguna dalam peran Guru TIK dalam peningkatan mutu pendidikan di indonesia.
 Pembukaan Workshop Guru TIK se-Indonesia ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada Daria Susana, S.Si Guru TIK SMAN 2 Sorong Papua Barat dan Wisnu Cahyoto, S.Kom. Guru TIK SMPN 2 Siantan Riau, serta penyerahan plakat cindera mata dari Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional oleh Ketua FGTIKKNAS kepada Kasubag Umum LP3TK KPTK, Mahfud Junaedi. FGTIKKNAS juga memberi cinderamata kepada Rosjanti, ST., MT. Guru TIK SMA YPPK Yos Sudarso Kabupaten Merauke Papua, Rosjanti dengan kondisi hamil masih bisa menyempatkan diri hadir untuk pendidikan TIK Indonesia yang lebih baik
Pengarahan dan sosialisasi tentang Kebijakan Guru TIK yang dipaparkan oleh Dra. Maria Widiani, MA Kasubdit Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karir Direktorat Pembinaan Guru Dikmen. Ditjen GTK. Beliau mnjelaskan secara detail peranan Guru TIK dan beberapa hal yang terkait dengan Uji Kompetensi Guru yang sudah dilaksanakan dimana dalam kegiatan tersebut juga di sekolah banyak melibatkan guru TIK di dalamnya, serta berpesan supaya Guru TIK menjadi yang terdepan dalam mengawal perubahan paradigma pendidikan Indonesia. Kegiatan Workshop Guru TIK se-Indonesia akhirnya secara resmi ditutup oleh Kepala LP3TK KPTK DR. H. Rusdi, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang datang dari seluruh perwakilan provinsi dengan jarak yang begitu jauh telah datang ke Makassar untuk berkontribusi dalam kegiatan workshop Guru TIK. Harapannya supaya guru TIK menjadi garda terdepan dalam perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan.

Soraya
Diakhir acara penutupan dilaksanakan penyerahan donasi kepada salah satu pemantau wokshop, Soraya Guru Honorer SD 29 Pulau Sailus Besar Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep. Pengajar di sekolah kepulauan dengan segala keterbatasannya tetapi mempunyai mimpi yang luar biasa, sehingga Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional berinisiatif menggalang dana secara sukarela dari peserta worshop,  sehingga terkumpul sebesar Rp 5.872.500. Sumbangsih secara mendadak itu sengaja diberikan tunai oleh salah satu peserta workshop, Sumarti Guru SMAN 3 Banyumas Jawa Tengah dan juga merangkap sebagai Koordinator Wilayah (Provinsi) FGTIKKNAS. Kegiatan spontan tersebut sedikitnya dapat membantu mewujudkan mimpi Guru Soraya yang merupakan salah satu Mahasiswa di Universitas Terbuka untuk membangun perpustakaan di sekolahnya.

Oleh Anda Sukanda, S.Pd.
Guru TIK SMPN 2 Jatiwangi - Majalengka

2 komentar:

  1. Alhamdulillah... semoga kiprah dan langkah Guru TIK yang mengikuti Workshop Guru TIK se-Indonesia di Makasar atas undangan LP3TK KPTK Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI, dapat terasa dan bermanfaat bagi Guru TIK di seluruh Wilayah Indonesia. Aamiin .....

    BalasHapus
  2. https://www.kompasiana.com/wijayalabs/sejarah-perjuangan-guru-tik-kkpi_5690530b9393736d0531216a

    BalasHapus