Mohon do'a nya semoga dapat terlaksana.
ABSTRAK
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005
Tentang Guru Dan Dosen mengamanatkan Guru untuk memiliki : (i) Kualifikasi
akademik minimum S1/D-IV; (ii) Kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional; (iii) Sertifikat
pendidik. Agar Guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran
sebagaimana yang diamanatkan pada Undang-undang tersebut di atas, maka Guru
harus senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui
berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, bimbingan teknis, workshop, kegiatan
karya tulis ilmiah, pertemuan dikelompok kerja dan musyawarah kerja.
Peningkatan kompetensi bagi guru sebagai tenaga
pendidik akan menunjang terhadap peningkatan karir guru/tenaga pendidik.
Peningkatan karir tenaga pendidik harus senantiasa terus diberi motivasi, hal
ini disebabkan tenaga pendidik masih kurang dalam pengembangan karirnya.
Melalui berbagai pelatihan, bimbingan teknis, workshop maupan
pertemuan-pertemuan MGMP diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam proses
pengembangan karir tenaga pendidik.
Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar menggulirkan bantuan dana
untuk pengembangan karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Kegiatan yang
dilaksanakan dalam bentuk workshop ini merupakan upaya dalam mengembangkan
peningkatan karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Workshop ini dilaksanakan selama 16 kali pertemuan,
dengan materi yang dapat menunjang terhadap pengembangan karir Pendidik dan
Tenaga Kependidikan. Materi yang disajikan berupa pengembangan penulisan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), artikel, jurnal, dan karya ilmiah populer.
Diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengembangkan hasil
workshop tersebut sehingga dapat meningkatkan karirnya sebagai tenaga pendidik.
Secara umum,
tujuan dari program ini adalah untuk
meningkatkan profesianalitas guru.
Secara khusus,
tujuan program ini meliputi:
a. Meningkatkan
pengembangan karir sebagai tenaga
pendidik.
b. Meningkatkan kemampuan membuat laporan Penelitian
Tindakan Kelas.
1 1. Sasaran
Sasaran kegiatan ini adalah :
a. Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka dengan kualifikasi guru yang memiliki ijazah sesuai dengan
mata pelajaran yang diampunya (TIK) dan belum sertifikasi.
b. Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka dengan kualifikasi guru yang tidak memiliki ijazah sesuai dengan mata
pelajaran yang diampunya (non TIK) dan belum sertifikasi.
2. Hasil
yang diharapkan
Diharapkan
setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja/musyawarah kerja
dapat :
a. Mampu
meningkatkan karir sebagai tenaga pendidik;
b. Mampu melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang ditindakl anjuti
dengan laporan PTK.
3. Manfaat
Kegiatan
ini diharapkan dapat memberi manfaat
bagi :
a. Guru, peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk
meningkatkan profesionalisme.
b. Guru, dapat meningkatkan pengembangan
karir tenaga pendidik
c. MGMP, membantu pemerintah dalam peningkatan pengembangan
karir guru sebagai
tenaga pendidik di kabupaten
Majalengka.
d. MGMP, dapat meningkatkan kualitas kinerja
pengurus MGMP.
4. Dampak
Dampak
dari kegiatan ini adalah bagi:
a. Guru, lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar
lebih profesional.
b. Guru, dapat mengembangkan karir
sebagai tenaga pendidik yang profesional
c. MGMP, dapat meningkatkan profesionalisme guru melalui pengembangan
karir tenaga pendidik.
d. MGMP, lebih meningkatkan kualitas kinerja
pengurus MGMP.
5. Pelaksanaan
Kegiatan
ini dilaksanakan dalam bentuk Workshop
dengan materi yang disajikan menitik beratkan pada peran aktif peserta, metode
yang variatif dan pemateri atau fasilitator yang kompeten.
6. Metode
Dalam
kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode pembelajaran keterampilan
proses meliputi:
a. Metode
ceramah / informasi, penyampaian informasi terbaru untuk menambah wawasan /
pengetahuan guru
b. Metode
diskusi, untuk mendiskusikan berbagai hal yang ada kaitannya dengan materi
kegiatan
c. Tanya
jawab, adanya timbal balik antara peserta dan fasilitator dalam materi kegiatan
d. Brainstroming,
e. Role
playing,
f. Kerja
kelompok, kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan dari materi kegiatan
g. Simulasi,
mempraktekan materi kegiatan
h. Peragaan,
memberikan contoh dari metari kegiatan yang diberikan oleh fasilitator
i. Eksperimen,
j. Studi
dokumen
Peserta kegiatan ini adalah 30 orang guru SMP/MTs anggota MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka.
7. Silabus
No.
|
Materi
|
Kegiatan Pokok
|
Frek.
|
Pert.
|
JP
|
1
|
Pengembangan karir
|
Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif
|
5
|
1
|
5
|
2
|
Penyusunan proposal
|
·
Identifikasi
masalah
·
Perumusan
masalah
·
penyusunan
draf proposal pengembangan karir PTK SMP
|
5
|
1
|
5
|
3
|
Penyempurnaan proposal dan penyusunan
|
·
Asistensi
dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
·
Penyusunan
dan asistensi penyusunan instrumen
|
5
|
1
|
5
|
4
|
Validasi dan perbaikan instrumen
|
·
Validasi
dan perbaikan instrumen:
·
Pengumpulan
data (Colecting Data)
|
5
|
1
|
5
|
5
|
Collecting Data; entry data
|
·
Pengumpulan
data,
·
Entry
data,
·
Pengolahan
(analisis dan interpensi) data
|
5
|
1
|
5
|
6
|
Asisting Data, Analysis and interpretation
|
·
Pengolahan
dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
|
5
|
1
|
5
|
7
|
Analyssing data and interpreting data
|
·
Analisis
dan interpretasi data
|
5
|
1
|
5
|
8
|
Analyssing data; interpreting data writing report
|
·
Analisis
data,
·
Interpretasi
data
·
Penyusunan
draf laporan
|
5
|
1
|
5
|
9
|
Writing report; assisting writing report
|
·
Penyusunan
laporan,
·
Asistensi
penyusunan laporan
·
Seminar
|
5
|
1
|
5
|
10
|
Reviewing report; finalising report
|
·
Perbaikan
dan finalisasi laporan
|
5
|
1
|
5
|
11
|
Finalising report; and report
|
·
Asistensi,
finalisasi dan presentasi laporan
|
5
|
1
|
5
|
12
|
Paparan penulisan artikel; jurnal
|
·
Paparan
penulisan artikel jurnal,
·
Analisis
hasil penelitian,
·
Penulisan
artikel jurnal,
·
Asistensi
penulisan artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
13
|
Penulisan artikel; jurnal
|
·
Analisis
hasil penelitian,
·
Penulisan
artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
14
|
Review hasil penulisan artikel; jurnal
|
·
Penulisan,
review, dan finalisasi artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
15
|
Paparan penulisan karya ilmiah populer
|
·
Paparan
penulisan karya ilmiah populer,
·
Identifikasi
dan perumusan masalah,
·
Penyusunan
draf artikel ilmiah populer
|
5
|
1
|
5
|
16
|
Review draf review draf artikel ilmiah populer
|
·
Artikel
ilmiah populer,
·
Finalisasi
artikel ilmiah populer
|
5
|
1
|
5
|
Tempat
dan Waktu
a. Tempat Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan kegiatan
ini tidak dilaksanakan di satu tempat tetapi bergiliran di beberapa sekolah,
hal ini dilakukan agar lebih mempererat silaturahmi antar anggota MGMP TIK SMP
Kabupaten Majalengka
b. Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada
hari kerja selama 2 (dua) minggu sesuai dengan jadwal kegiatan. Kegiatan rencananya
dimulai pada tanggal 21 mei s.d. 7 Juni 2012 selama 16 kali pertemuan (1
pertemuan 5 jam @ 45 menit).
Peserta kegiatan ini adalah 30 orang guru SMP/MTs anggota MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar