Total Tayangan Laman

Shalatlah sebelum kita disahalatkan


"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh". ......... (QS An Naml: 19) -_- MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat Indonesia phone: 085724911868 .....................

Sabtu, 28 April 2012

Kisi-Kisi Soal UKA TIK 2012


KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
Mata Pelajaran : Teknik Informasi dan Komunikasi
Jenjang : SMA/SMK/MA/MAK



Ma'af nieh susunannya acak-acakan, Insya Allah bermanfaat; Susunannya seperti contoh tersebut di atas


Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi) - Kompetensi Guru Mata Pelajaran  (Kompetensi Dasar) - Indikator Esensial
1. Memahami penggunaan
teknologi informasi dan
komunikasi, dan prospeknya
di masa mendatang
1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
1.1.2. Menjelaskan fungsi berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
1.2. Menjelaskan peranan teknologi
informasi dan komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari
1.2.1. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
2. Mengenal operasi dasar
peralatan komputer
2.1. Mengaktifkan komputer sesuai
prosedur
2.1.1. Menjelaskan proses ”cold boot”
2.2. Mematikan komputer sesuai
prosedur
2.2.1. Mematikan komputer menggunakan fungsi
perintah sesuai dengan prosedur
2.3. Melakukan operasi dasar pada
operating system dengan sistematis
2.3.1. Menggunakan sistem operasi GUI (misalnya
WindowsTM)
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
3. Menggunakan perangkat
lunak pengolah kata untuk
menyajikan informasi
3.1. Menjelaskan fungsi menu dan ikon
pada program pengolah kata
3.1.1. Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
standard
3.1.2. Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
drawing
3.2. Menggunakan menu dan ikon pokok
pada perangkat lunak pengolah kata
3.2.1. Menggunakan menu dan ikon pada menu bar
3.2.2. Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
formatting
3.3. Membuat dokumen pengolah kata
sederhana
3.3.1. Membuat dokumen baru
3.3.2. Menjelaskan format teks
3.3.3. Mengatur format Halaman
4. Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk
menyajikan informasi
4.1. Menjelaskan fungsi menu dan ikon
pada program pengolah angka
4.1.1. Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
standard
4.1.2. Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar
drawing
4.2. Menggunakan menu dan ikon pokok
pada perangkat lunak pengolah
angka
4.2.1. Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar
4.2.2. Menggunakan menu dan ikon pada toolbar
formatting
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
4.3. Membuat dokumen pengolah angka
sederhana
4.3.1. Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
4.3.2. Mengedit kolom dan baris
4.3.3. Mengatur format bilangan
5. Memahami dasar-dasar
penggunaan
Internet/intranet
5.1. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem
jaringan di Internet/intranet
5.1.1. Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan
internet
5.2. Melakukan berbagai cara untuk
memperoleh sambungan
Internet/intranet
5.2.1. Menjelaskan beberapa cara sambungan
intranet
5.2.2. Melakukan sambungan Internet menggunakan
Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya
ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau
Satelit)
6. Memahami fungsi dan proses
kerja berbagai peralatan
teknologi informasi dan
komunikasi
6.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja
komputer, dan telekomunikasi, serta
berbagai peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
6.1.1. Menggambarkan siklus proses informasi
6.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja
jaringan telekomunikasi (wireline,
wireless, modem dan satelit)
6.2.1. Menjelaskan Konsep jaringan komputer
6.2.2. Memilih fungsi perangkat lunak
7. Memahami ketentuan
penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
7.1. Menerapkan aturan yang berkaitan
dengan etika dan moral terhadap
perangkat keras dan perangkat lunak
7.1.1. Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
teknologi informasi dan komunikasi
8. Menggunakan Operating
System (OS) komputer
8.1. Melakukan setting peripheral pada
operating system (OS) komputer
8.1.1. Melakukan setting monitor, resolusi, scren
saver dan background
8.2. Melakukan manajemen file 8.2.1. Menggunakan menu pull down
8.2.2. Membuat folder
8.2.3. Memodifikasi nama file
8.2.4. Memformat disket
9. Menggunakan perangkat
lunak pengolah kata
9.1. Menunjukkan menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak
pengolah kata
9.1.1. Mengaktifkan program
9.2. Menggunakan menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak
pengolah kata
9.2.1. Mengatur ukuran halaman
9.2.2. Menggunakan bullet dan numbering
9.2.3. Menggunakan huruf berbagai jenis font dan
ukuran
9.2.4. Mengoperasikan find
9.2.5. Mengedit dokumen
9.2.6. Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai
ukuran kertas
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
9.2.7. Membuat dan memanfaatkan hiperlink
9.3. Membuat dokumen pengolah kata
dengan variasi tabel, grafik, gambar,
dan diagram
9.3.1. Mengatur border dan shading tabel
9.3.2. Menggabung / merubah kolom
10. Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk
menghasilkan informasi
10.1. Membuat dokumen pengolah angka
dengan variasi teks, tabel, grafik,
gambar, dan diagram
10.1.1. Menggabungkan dua lembar kerja
11. Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
11.1. Menerapkan berbagai
pendekatan,strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran
yang diampu
11.1.1. Menerapkan strategi pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi
11.1.2. Menerapkan motode pembelajaran yang
sesuai dengan mata pelejaran teknologi
informasi dan komunikasi
12. Mengembangkan kurikulum
yang terkait dengan mata
pelajaran yang diampu
12.1. Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu yang
terkait dengan pengalaman belajar
dan tujuan pembelajaran
12.1.1. Memilih materi sesuai tujuan pembelajaran
teknologi informasi dan komunikasi
12.1.2. Mengembangkan materi pembelajaran
teknologi informasi dan komunikasi sesuai
kebutuhan dunia industri
12.2. Menata materi pembelajaran
secara benar sesuai dengan
pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik
12.2.1. Menyusun materi pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi secara sistematis
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
13. Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik
13.1. Mengembangkan komponenkomponen
rancangan pembelajaran
13.1.1. Menentukan komponen RPP teknologi
informasi dan komunikasi
13.2. Menyusun rancangan pembelajaran
yang lengkap, baik untuk kegiatan di
dalam kelas, maupun laboratorium
13.2.1. Menyusun RPP teknologi informasi dan
komunikasi
13.2.2. Menyusun jobsheet praktikum teknologi
informasi dan komunikasi
13.3. Menggunakan media pembelajaran
dan sumber belajar yang relevan
dengan karakteristik peserta didik
dan mata pelajaran yang diampu
untuk mencapai tujuan
pembelajaran secara utuh
13.3.1. Menggunakan media pembelajaran yang
sesuai mata pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi
14. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
untuk kepentingan
pembelajaran
14.1. Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu.
14.1.1. Menggunakan peralatan TIK dalam
pembelajaran teknologi informasi dan
komunikasi
14.1.2. Menggunakan software aplikasi untuk
pembelajaran teknologi informasi dan
komunikasi
15. Menyelenggarakan penilaian
dan evaluasi proses dan hasil
belajar
15.1. Menentukan prosedur penilaian
dan evaluasi proses dan hasil
belajar
15.1.1. Menentukan prosedur evaluasi proses
pembelajaran teknologi informasi dan
komunikasi
15.1.2. Menentukan prosedur evaluasi hasil
pembelajaran teknologi informasi dan
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
komunikasi
16. Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik
16.1. Memahami berbagai strategi
berkomunikasi yang efektif,
empatik, dan santun, secara lisan,
tulisan, dan/atau bentuk lain
16.1.1. Menggunakan komunikasi yang efektif,
empatik dan santun pada pembelaran
teknologi informasi dan komunikasi
17. Memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi untuk
kepentingan pembelajaran
17.1. Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan
pengayaan
17.1.1. Menganalisis hasil evaluasi pembelajaran
teknologi informasi dan komunikasi
17.2. Memanfaatkan informasi hasil
penilaian dan evaluasi
pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
17.2.1. Menggunakan hasil evaluasi untuk
peningkatan kualitas pembelajaran teknologi
informasi dan komunikasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar