Total Tayangan Laman

Rabu, 13 Juni 2012

Pengembangan Kariri PTK Kemendikbud


Pengembangan Karir PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)


BAB I
PENDAHULUAN





A.     Latar belakang
Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen mengamanatkan Guru untuk memiliki : (i) Kualifikasi akademik minimum S1/D-IV ; (ii) Kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional; (iii) Sertifikat pendidik. Agar Guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada Undang-undang tersebut di atas, maka Guru harus senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, kegiatan karya tulis ilmiah, pertemuan dikelompok kerja dan musyawarah kerja yang terdiri dari : Kelompok Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).
Forum Kelompok Kerja atau Forum Musyawarah Kerja diharapkan dapat terbentuk pada masing-masing Kelompok Kerja dan Musyawarah Kerja, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS melalui koordinasi dan jejaring antar Kelompok Kerja atau Musyawarah Kerja. Forum-forum tersebut dibentuk pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi dan sinkronasi program kerja antar KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS. Forum yang dapat dibentuk terdiri dari Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG), Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS), Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (FKKPS), Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP), dan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (FMKKS).
Khusus untuk MGMP, sampai saat ini ada beberapa MGMP yang belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Disisi lain, FMGMP yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja MGMP belum terbentuk ditiap Kabupaten/Kota.
Kendala-kendala lain yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan Musyawarah Kerja yang aktif dan efektif selain hal tersebut diatas adalah sebagai berikut :
1.    Manajemen MGMP masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi intensifikasi pembinaan kegiatan MGMP.
2.    Program – program kegiatan MGMP masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.
3.    Dana pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara tepat.
4.    Bervariasinya perhatian dan kontribusi pemerintah daerah melalui dinas pendidikan terhadap program dan kegiatan MGMP.
5.    Belum ada faktor pendorong untuk membentuk FMGMP
Upaya untuk merevitalisasi MGMP yang ada, dan membentuk FMGMP agar kegiatan yang dilakukan di setiap MGMP dapat memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa dan kelas, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Salah satu upaya dari MGMP  Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Majalengka adalah dengan mengaktifkan MGMP di lingkungan sekolah juga mengadakan pelatihan–pelatihan bagi guru–guru di Kabupaten Majalengka, sehingga dapat meningkatkan kemampuan professional guru dalam proses pembelajaran dan peningkatan karir sebagai tenaga pendidik. Upaya tersebut dilakukan karena ditemukan sejumlah masalah–masalah dalam proses belajar mengajar, seperti  :
1.      Kompetensi profesional guru masih dirasakan kurang dengan tidak adanya:
a)    pelaksanaan Pelatihan secara kontinyu
b)    Pemahaman tentang  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum menyeluruh
2.      Kompetensi pedagogik guru masih kurang diantaranya:
a)    Kurang  memahami model–model pembelajaran yang terbaru, misalnya melalui pendekatan CTL, PAKEM, dan Case study
b)    Kurangnya mengadakan Lesson Study untuk mengkaji proses pembelajaran sehinggamampumemperbaikiproses dan mutupembelajaran.
c)    Kurang memahami penyusunan Classroom Action Reseach (CAR)/PTK
Untuk membantu guru dalam pemenuhan pengembangan karir tenaga pendidik, maka melaluidana bantuan langsung dari pemerintah bagi MGMP SMP untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, MGMP TIK Kabupaten Majalengka menggulirkan program Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP SMP tahun 2012.

B.     Dasar Hukum
1.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
3.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan Daerah,
5.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;
6.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
7.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang StandarPengelolaan Pendidikan.
8.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam jabatan.
9.    Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
10.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
C.     Tujuan
Secara umum, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan profesianalitas guru.
Secara khusus, tujuan program ini meliputi:
1.    Meningkatkan pengembangan karir sebagai tenaga pendidik.
2.    Meningkatkan kemampuan membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas.

D.     Sasaran
Sasarankegiataniniadalah :
1.   Guru-guru SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kwalifikasi guru yang memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya (TIK) dan belum sertifikasi.
2.   Guru-guru SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kualifikasi guru yang tidak memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya (non TIK) dan belum sertifikasi.

E.     Hasil yang diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja/musyawarah kerja dapat :
1.    Mampu meningkatkan karir sebagai tenaga pendidik;
2.    Mampu melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang ditindaklanjuti dengan laporan PTK.

F.     Manfaat
Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi :
  1. Guru, peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan profesionalisme.
  2. Guru, dapat meningkatkan pengembangan karir tenaga pendidik
  3. MGMP, membantu pemerintah dalam peningkatan pengembangan karir guru sebagai tenaga pendidik di kabupaten Majalengka.
  4. MGMP, dapat meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.

G.    Dampak
Dampak dari kegiatan ini adalah bagi:
1.    Guru, lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar lebih profesional.
2.    Guru, dapat mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik yang profesional
3.    MGMP, dapat meningkatkan profesionalisme guru melalui pengembangan karir tenaga pendidik.
4.    MGMP, lebih meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.




BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM DAN KEGIATAN MGMP SELAMA SATU TAHUN


A.     Rekapitulasi dan Deskripsi Program Satu Tahun Terakhir
Secara umum program kegiatan satu tahun terakhir terdiri dari pendalaman materi tentang KTSP, Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pembinaan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB), Pendidikan Karakter Bangsa, PIKEM, Implementasi Model Pembelajaran danPenilaianPendidikan, PTK dalam bidang TIK, dan penggunaan ICT dalam pembelajaran TIK.
Dari program kegiatan tersebut kami berharap mutu pembelajaran akan meningkat. Dengan kegiatan ini kompetensi guru akan berkembang yang diikuti meningkatnya kinerja guru. Kegiatan ini merupakan suatu proses yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berkesinambungan.
Alasan pelaksanaan program kegiatan dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.    Guru masih kesulitan dalam memahami dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
2.    Guru masih mendapatkan kesulitan dalam melaksanakan beberapa jenis keterampilan mengajar.
3.    MGMP merupakan wadah yang tepat untuk digunakan dalam mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan mencari jalan pemecahannya.
Program kegiatansatutahunterakhir MGMP TIK KabupatenMajalengkaadalahsebagaiberikut :
No.
Pertemuan
Jenis Kegiatan
Keterangan
1
I
1.       Pemberian materi tentang Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka disampaikan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka.
2.       Pemberian materi tentang Kebijakan Kemendikbud disampaikan oleh Bapak Kepala LPMP Jawa Barat

2
II
Pendalaman materi tentang KTSP (buku 1 dan buku 2 ) danpenyusunan KTSP disampaikan oleh nara sumber dari Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka.

3
III
Sosialisasi tentang Program PKG (PenilaianKinerja Guru) dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka dan Fasilitator.

4
IV
Sosialisasi tentang Program Penilaian Keprofesionalan Berkelanjutan dan praktek penilaian PKG/PKB dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka dan Fasilitator.

5
V
Pendalaman materi tentang Pendidikan Karakter Bangsaoleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka

6
VI
Pendalaman materi tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif  dan Menyenangkan (PAIKEM) disampaikan oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka.

7
VII
Pendalaman materi tentang Implementasi Model Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan disampaikan oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka

8
VIII
Praktek penyampaian pembelajaran TIK dengan menggunakan Power Point danpengenalan MOODLE serta PC Station dibimbing oleh Ketua ICT Kabupaten Majalengka.

9
IX
Pendalaman materi tentang Penelitian Tindakan Kelas disampaikan oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka.

10
X
Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka dan Fasilitator

11
XI
Penguatan kelembagaan Organisasi MGMP TIK melalui penyusunan data base anggota, dan penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

12
XII
Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kegiatan dan Pertanggungjawaban Keuangan dipandu oleh Narasumber dari LPMP Jawa Barat.


B.    
C.     Bukti Hasil Pelaksanaan Program
Bukti hasil pelaksanaan program MGMP TIK SMP Kabupaten Majalengka tahun 2011 terlampir.



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM


A.   Program
1.    Latar Belakang
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran yang tujuannya adalah meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercantum dari peningkatan hasil belajar peserta didik, serta meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat MGMP.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 menegaskan kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi “Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompeyensi profesional” (Pasal 10 ayat (1)). Berdasarkan hasil pertemuan Asosiasi LPTK Indonesia, penjabaran tentang jenis-jenis kompetensi tersebut sebagai berikut:
a.    Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
b.    Kompetensi kepribadian yaitu memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
c.    Kompetensi profesional yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi.
Kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan mewujudkan kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru. Guru selaku pemegang amanah pendidikan bertugas untuk  mewujudkan pengembangan aspek intelektual, watak, moral, sosial dan fisik peserta didik atau dengan kata lain menciptakan peserta didik menjadi manusia seutuhnya.
Untuk mewujudkan harapan di atas, maka guru memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan peserta didik sangat dipengaruhi oleh mutu proses pembelajaran. Mutu proses pembelajaran salah satunya sangat ditentukan oleh mutu dan kinerja guru.s ecara umum mutu dan kinerja guru kita masih belum memadai baik secara kuantitas maupun kualitas, karena masih banyak guru yang belum memenuhi standar kompetensi guru. Akibatnya proses pembelajaran yang dilakukan di kelas cenderung belum efektif dan efesien, sehingga profesional guru dikalangan pendidik masih rendah.
Salah satu upaya dari MGMP  Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Majalengka adalah dengan mengaktifkan MGMP  di lingkungan sekolah juga mengadakan pelatihan–pelatihan bagi guru–guru di Kabupaten Majalengka, sehingga dapat meningkatkan kemampuan professional guru dalam proses pembelajaran. Upaya tersebut dilakukan karena ditemukan sejumlah masalah–masalah dalam proses belajar mengajar, seperti  :
1.      Kompetensi propesional guru masih dirasakan kurang dengan tidak adanya:
a)    pelaksanaan Pelatihan secara kontinu
b)    Pemahaman tentang  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum menyeluruh
2.      Kompetensi pedagogik guru masih kurang diantaranya:
a)    Kurang  memahami model–medel pembelajaran yang terbaru, misalnya melalui pendekatan CTL, PAKEM, dan Case study
b)    Kurangnya mengadakan Lesson Study untuk mengkaji proses pembelajaran sehinggamampumemperbaikiproses dan mutupembelajaran.
c)    Kurang memahami penyusunan Classroom Action Reseach (CAR)/PTK
Untuk membantu guru dalam pemenuhan kriteria kompetensinya terutama yang terdapat dalam aspek–aspek pedagogik, maka Pengurus MGMP TIK Kabupaten Majalengkamerencanakan program Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) MGMP TIK SMP tahun 2012 untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
Berjalanya program diatas harus disertai dengan adanya dukungan dari Dinas Pendidikan, Komite dan Kepala Sekolah baik berupa materi atau pun berupa dukungan non materi sehingga program dapat tercapai.

2.    Tujuan
Secara umum, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan profesianalitas guru.
Secara khusus, tujuan program ini meliputi:
a.     Meningkatkan pengembangan karir sebagai tenaga pendidik.
b.     Meningkatkan kemampuan membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas.

3.    Sasaran
Sasarankegiataniniadalah :
a.    Guru-guru SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kwalifikasi guru yang memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya (TIK) dan belum sertifikasi.
b.    Guru-guru SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kwalifikasi guru yang tidak memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya (non TIK) dan belum sertifikasi.

4.    Hasil yang diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja/musyawarah kerja dapat :
a.     Mampu meningkatkan karir sebagai tenaga pendidik;
b.     MampumelakukanPenelitianTindakanKelas yang ditindaklanjutidenganlaporan PTK.

5.    Manfaat
Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi :
a.     Guru, peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan profesionalisme.
b.     Guru, dapat meningkatkan pengembangan karir tenaga pendidik
c.     MGMP, membantu pemerintah dalam peningkatan pengembangan karir guru sebagai tenaga pendidik di kabupaten Majalengka.
d.     MGMP, dapat meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.

6.    Dampak
Dampak dari kegiatan ini adalah bagi:
a.     Guru, lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar lebih profesional.
b.     Guru, dapat mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik yang profesional
c.     MGMP, dapat meningkatkan profesionalisme guru melalui pengembangan karir tenaga pendidik.
d.     MGMP, lebih meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.

7.    Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentukWorkshop dengan materi yang disajikan menitik beratkan pada peran aktif peserta, metode yang variatif dan pemateri atau fasilitator yang kompetens.

8.    Metode
Dalam kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode pembelajaran keterampilan proses meliputi:
a.    Metode ceramah / informasi, penyampaian informasi terbaru untuk menambah wawasan / pengetahuan guru
b.    Metode diskusi, untuk mendiskusikan berbagai hal yang ada kaitannya dengan materi kegiatan
c.    Tanya jawab, adanya timbal balik antara peserta dan fasilitator dalam materi kegiatan
d.    Brainstroming,
e.    Role playing,
f.     Kerja kelompok, kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan dari materi kegiatan
g.    Simulasi, mempraktekan materi kegiatan
h.    Peragaan, memberikan contoh dari metari kegiatan yang diberikan oleh fasilitator
i.      Eksperimen,
j.      Studi dokumen

9.    Struktur Program
No.
Mata Bimbingan Teknis
Jam
1
Pertemuan pertama, Tahap I : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Paparan pengembangan karir PTK SMP, meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif
5
2
Pertemuan kedua, Tahap II : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Kegiatan identifikasi, perumusan masalah dan penyusunan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
5
3
Pertemuan ketiga, Tahap III : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP dan penyusunan dan asistensi penyusunan instrumen
5
4
Pertemuan keempat, Tahap IV : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Validasi dan perbaikan instrumen: pengumpulan data (Colecting Data)
5
5
Pertemuan kelima, Tahap V : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Pengumpulan, entry, pengolahan (analisis dan interpensi) data
5
6
Pertemuan keenam, Tahap VI : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
5
7
Pertemuan ketujuh, Tahap VII : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Analisis dan interpretasi data
5
8
Pertemuan kedelapan, Tahap VIII : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Analisis, interpretasi data dan penyusunan draf laporan
5
9
Pertemuan kesembilan, Tahap IX : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Penyusunan laporan, asistensi penyusunan laporan dan seminar
5
10
Pertemuan kesepuluh, Tahap X : 8 jam Bimbingan teknisdan atau Workshop
·         Perbaikan dan finalisasi laporan
5
11
Pertemuan kesebelas, Tahap XI : 8 jam Bimbingan teknis dan atau Workshop Bimtek / Workshop
·         Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
5
12
Pertemuan keduabelas, Tahap XII : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Paparan penulisan artikel jurnal, analisis hasil penelitian, penulisan artikel jurnal, asistensi penulisan artikel jurnal
5
13
Pertemuan ketigabelas, Tahap XIII : 8 jam Bimbingan teknis dan atau Workshop
·         Analisis hasil penelitian, penulisan artikel jurnal
5
14
Pertemuan keempatbelas, Tahap XIV : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
5
15
Pertemuan kelimabelas, Tahap XV : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Paparan penulisan karya ilmiah populer, identifikasi dan perumusan masalah, penyusunan draf artikel ilmiah populer
5
16
Pertemuan keenambelas, Tahap XVI : 8 jam Bimtek / Workshop
·         Review draf artikel ilmiah populer, finalisasi artikel ilmiah populer
5

10.  Silabus
No.
Materi
Kegiatan Pokok
Frek.
Pert.
JP
1
Pengembangan karir
Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif
5
1
5
2
Penyusunan proposal
·         Identifikasi masalah
·         Perumusan masalah
·         penyusunan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
5
1
5
3
Penyempurnaan proposal dan penyusunan
·         Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
·         Penyusunan dan asistensi penyusunan instrumen
5
1
5
4
Validasi dan perbaikan instrumen
·         Validasi dan perbaikan instrumen:
·         Pengumpulan data (Colecting Data)
5
1
5
5
Collecting Data; entry data
·         Pengumpulan data,
·         Entry data,
·         Pengolahan (analisis dan interpensi) data
5
1
5
6
Asisting Data, Analysis and interpretation
·         Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
5
1
5
7
Analyssing data and interpreting data
·         Analisis dan interpretasi data
5
1
5
8
Analyssing data; interpreting data writing report
·         Analisis data,
·         Interpretasi data
·         Penyusunan draf laporan
5
1
5
9
Writing report; assisting writing report
·         Penyusunan laporan,
·         Asistensi penyusunan laporan
·         Seminar
5
1
5
10
Reviewing report; finalising report
·         Perbaikan dan finalisasi laporan
5
1
5
11
Finalising report; and report
·         Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
5
1
5
12
Paparan penulisan artikel; jurnal
·         Paparan penulisan artikel jurnal,
·         Analisis hasil penelitian,
·         Penulisan artikel jurnal,
·         Asistensi penulisan artikel jurnal
5
1
5
13
Penulisan artikel; jurnal
·         Analisis hasil penelitian,
·         Penulisan artikel jurnal
5
1
5
14
Review hasil penulisan artikel; jurnal
·         Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
5
1
5
15
Paparan penulisan karya ilmiah populer
·         Paparan penulisan karya ilmiah populer,
·         Identifikasi dan perumusan masalah,
·         Penyusunan draf artikel ilmiah populer
5
1
5
16
Review draf review draf artikel ilmiah populer
·         Artikel ilmiah populer,
·         Finalisasi artikel ilmiah populer
5
1
5
11.  Tempat dan Waktu
a.    Tempat  Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan kegiatan ini tidak dilaksanakan di satu tempat tetapi bergiliran di beberapa sekolah, hal ini dilakukan agar lebih mempererat silaturahmi antar anggota MGMP TIK SMP Kabupaten Majalengka

b.    Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kerja selama 2 (dua) minggu sesuai dengan jadwal kegiatan. Kegiatan rencananya dimulai pada tanggal 21 mei s.d. 7 Juni 2012 selama 16 kali pertemuan (1 pertemuan 5 jam @ 45 menit).

12.  Peserta
Peserta kegiatan ini adalah 30 orang guru SMP/MTs anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka.

13.  Penyaji
Nara sumber kegiatan ini adalah:
a.    Widyaiswara LPMP
b.    Pengawas Dikmen Kabupaten Majalengka
c.    Instruktur Kabupaten/Guru Senior

14.  Monitoring dan Evaluasi
Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh pihak internal dan eksternal dengan waktu yang bersifat terjadwal maupun spontan.  Evaluasi dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahap persiapan/perencanaan program, tahap pelaksanaan dan tahap akhir kegiatanprogram.

B.   Jadwal
No.
Pukul
Kegiatan
Penyaji


1
Hari Senin Tanggal21 Mei 2012, Pertemuan I

08.00 – 08.45
Pembukaan




08.45 – 10.15
Kebijakan Dinas Pendidikan Kab. Majalengka dalam pengembangan karir PTK
Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Paparan Pengembangan karir PTK
Pengawas Dikmen


2
Hari Selasa Tanggal 22 Mei 2012, Pertemuan II

08.00 – 08.45
Identifikasi masalah




08.45 – 10.15
Perumusan masalah
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
penyusunan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
Pengawas Dikmen


3
Hari Rabu Tanggal 23 Mei 2012, Pertemuan III

08.00 – 10.15
Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Penyusunan dan asistensi penyusunan instrumen
Pengawas Dikmen


4
Hari Kamis Tanggal 24 Mei 2012, Pertemuan IV

08.00 –10.15
Validasi dan perbaikan instrumen:
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Pengumpulan data (Colecting Data)
Pengawas Dikmen


5
Hari Jum’at Tanggal 25 Mei 2012, Pertemuan V

08.00 – 09.30
Pengumpulan data
Pengawas Dikmen



09.30 – 10.15
Entry data
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Pengolahan (analisis dan interpensi) data
Pengawas Dikmen


6
Hari Sabtu Tanggal 26 Mei 2012, Pertemuan VI

08.00 – 10.15
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
Pengawas Dikmen


7
Hari Senin Tanggal 28 Mei 2012, Pertemuan VI

08.00 – 10.15
Analisis dan interpretasi data
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Analisis dan interpretasi data
Pengawas Dikmen


8
Hari Selasa Tanggal 29 Mei 2012, Pertemuan VIII

08.00 – 09.30
Analisis data
Pengawas Dikmen



09.30 – 10.15
Interpretasi data
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Penyusunan draf laporan
Pengawas Dikmen


9
Hari Rabu Tanggal 30 Mei 2012, Pertemuan IX

08.00 – 09.30
Penyusunan laporan,
Pengawas Dikmen



09.30 – 10.15
Asistensi penyusunan laporan
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Seminar
Pengawas Dikmen


10
Hari Jum’at Tanggal 31 Mei 2012, Pertemuan X

08.00 – 10.15
Perbaikan dan finalisasi laporan
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Perbaikan dan finalisasi laporan
Pengawas Dikmen


11
Hari Sabtu Tanggal 1 Juni 2012, Pertemuan XI

08.00 – 10.15
Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
Pengawas Dikmen


12
Hari Senin Tanggal 2 Juni 2012, Pertemuan XII

08.00 – 08.45
Paparan penulisan artikel jurnal,
LPMP



08.45 – 09.30
Analisis hasil penelitian
LPMP



09.30 – 10.15
Penulisan artikel jurnal
LPMP



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Asistensi penulisan artikel jurnal
LPMP


13
Hari Selasa Tanggal 4 Juni 2012, Pertemuan XIII

08.00 – 10.15
Analisis hasil penelitian,
LPMP



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Penulisan artikel jurnal
LPMP


14
Hari Rabu Tanggal 5 Juni 2012, Pertemuan XIV

08.00 – 10.15
Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
LPMP



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
LPMP


15
Hari Kamis Tanggal 6 Juni 2012, Pertemuan XV

08.00 – 10.15
Paparan penulisan karya ilmiah populer,
Pengawas Dikmen



09.30 – 10.15
Identifikasi dan perumusan masalah
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Penyusunan draf artikel ilmiah populer
Pengawas Dikmen


16
Hari Jum’at Tanggal 7 Juni 2012, Pertemuan XVI

08.00 – 10.15
Artikel ilmiah populer
Pengawas Dikmen



10.15 – 10.30
Istirahat




10.30 – 12.00
Finalisasi artikel ilmiah populer
Pengawas Dikmen





BAB IV
PENUTUP


A.     Simpulan
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai wahana bagi guru-guru untuk mengaktualisasikan kemampuan dan kompetensi guru, diharapkan dapat mencetak guru profesional yang handal, mampu mengatasi masalah multi dimensi dalam dunia pendidikan dan dapat meningkatkan pengembangan karir. Untuk memperoleh hasil yang optimal memang butuh perjuangan serta biaya  yang tidak sedikit, namun dengan adanya peluang untuk mendapatkan bantuan dana pengembangan karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas tahun 2012 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI diharapkan dapat mengoptimalkan peningkatan profesionalisme guru.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara materi sehingga dapat mengatasi kesulitan dan ketidakmampuan dalam merealisasikan program kerja MGMP. Oleh karena itu, besar harapan kami, pengajuan proposak ini dapat memenuhi harapan pihak yang terkait agar pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di daerah mengalami pencerahan dan kemajuan menuju arah yang lebih baik.

B.     Rekomendasi
Saran untuk Dirjen Dikdas Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, LPMP, Dinas Pendidikan maupan instansi terkait agar menjadikan kegiatan MGMP ini dijadikan agenda rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan MGMP tahun ini dan sebagai tempat untuk mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik.
Terakhir, semoga apa yang telah kami susun dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak Dirjen Dikdas Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar sehingga visi dan misi pendidikan di daerah kami dapat dilaksanakan dalam bentuk realisasi kegiatan yang nyata dan berguna dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

 
                                                                                       Majalengka,   April 2012
                          Ketua,                                                              Sekretaris,



          ANDA SUKANDA, S,Pd.                                 AGUS KOSWARA, S.Pd.
        NIP.19680302 199303 1 010                             NIP. 19740814 200801 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar