Rabu, 04 Juli 2012

Berbagai Pertanyaan Tentang Menulis dan Ikutilah Workshop Gratis Menulis!


 Berbagai Pertanyaan Tentang Menulis ...




- Bagaimana mencari ide menulis?.
Menulis adalah sebuah pekerjaan merangkai kata. Kita bisa menulis bila menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ide menulis datang dari kebutuhan itu. Karena menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan, saya tak pernah kehilangan ide untuk menulis. Selalu saja ada ide dalam menulis. Bila saya mengalami kekeringan ide menulis, itu artinya saya lemah dalam membaca dan kurang silahturahim. Sebab orang yang rajin membaca dan sering silahturahim akan mampu menemukan ide dalam menulis. Ide menulis dapat ditemukan dimana saja, dan bertebaran di depan mata. Hanya saja, kita sering kurang pede dalam mencari ide menulis itu. Terlalu banyak ide tanpa langsung dituliskan sama saja dengan mengumpulkan angan-angan. Kunci dari menemukan ide menulis adalah ACTION.
- Mengapa harus menulis?
Dengan menulis kita bisa menyampaikan apa yang ada di dalam alam pikiran kita dalam bentuk tulisan. Bila kita menyampaikan pesan lewat tulisan, pesan kita akan lebih lama terbaca oleh penerima pesan. Dengan menulis ada semacam makanan yang siap dihidangkan untuk dikonsumsi khalayak ramai. Denga menulis, ada pean yang kita sampaikan kepada anak cucu kita sebelum mati. Oleh karena itu, menulislah sebuah buku sebelum ajal menjemput. Kamu ada berkat menulis, dan kamu dikenal karena menulis. Dengan menulis ada celotehan yang membuatmu menjadi terkenal dan dikenal khalayak ramai.
- Apakah menulis bisa menjadi profesi?
Banyak orang berprofesi menjadi penulis. Hidupnya tak jauh dari dunia tulis menulis. Dari menulis banyak hal dia tuliskan dan menginspirasi orang banyak. Profesi penulis bukanlah sebuah profesi yang ecek-ecek, hal ini akan anda ketahui setelah anda merasakan nikmatnya menulis dan telah mendapatkan penghasilan dari dunia tulis menulis. Contohnya anda bisa melihat kang abik, golagong, Andrea Harefa, pipit senja, dll.
- Perbedaan menulis & mengarang
Menulis itu ada dua bagian besar, yaitu menulis fiksi dan non fiksi. Menulis fiksi memerlukan imajinasi tinggi. sedangkan menulis non fiksi lebih kepada menulis apa adanya atau realitas. Keduanya bisa saja kita gabungkan seperti cerita novel yang diambil dari kisah nyata. Sedangkan mengarang adalah menuliskan sesuatu yang tidak ada menjadi ada seperti halnya kisah-kisah dongeng. Dongeng si kancil mencuri ketimun misalnya adalah sebuah karangan. Dia terlahir dari pekerjaan seorang pengarang. Pengarang biasanya seorang penulis, tetapi penulis belum tentu seorang pengarang. Oleh karena itu, menjadi seorang pengarang jauh lebih sulit daripada menjadi seorang penulis. Dia harus kreatif dan imajinatif dalam membuat cerita karangannya menjadi hidup dan dapat dinikmati oleh orang banyak.
- Bagaimana membuat tulisan yang menarik?
Untuk membuat tulisan yang menarik adalah tulislah segala sesuatu itu dari hati. Segala sesuatu yang keluar dari hati selalu menarik perhatian pembaca. Siapapun akan interest atau tertaik dengan tulisan kita apabila diniatkan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Tulisan yang menarik biasanya dimulai dari judul yang memikat, tetapi pembaca akan kecewa bila judul yang kita tuliskan ternyata menipu. Lebih baik menulis apa adanya dengan gaya menulismu sendiri. Tulisan menjadi menarik, apabila kamu mampu kreatif dalam menarik hati pembaca. Dibutuhkan sebuah proses menulis yang membuat tulisanmu menjadi menarik. Semakin banyak kamu menulis, maka akan semakin banyak kamu temukan ide yang menarik pembaca.
- Bagaimana cara agar bisa konsisten menulis?
Untuk bisa konsisten menulis adalah menjadi menulis sebagai sebuah kebutuhan sama halnya kita makan. Kita akan terasa lapar bila tak menulis. Dengan demikian, menulis menjadi sebuah pekerjaan yang masuk ke dalam alam bawah sadar kita, sehingga tiada hari tanpa menulis. Bila menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan, maka tak akan ada beban yang dihadapi ketika kita menulis. Konsisten menulis akan dapat dicapai bila kita sudah merasakan bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam hidup kita, sama halnya makan dan minum setiap harinya.
- Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari menulis?
Menulis itu adalah sebuah keterampilan. Bila kita sudah terbiasa menulis, maka menulis itu akan menjadi sebuah penghasilan tersendiri. Kita bisa mengirimkan artikel yang kita tuliskan ke berbagai media. Dari situ akan ada honornya bila tulisan kita dimuat. Kitapun bisa menuliskan ide-ide kita dalam bentuk buku. Baik berupa buku ajar, buku umum, ataupun buku dalam bentuk lainnya. Dari penerbit kita akan mendapatkan royalti buku. Bila bukunya best seller, maka penghasilan yang akan didapatkan cukup lumayan. Apalagi bila kita mampu memasarkannya sendiri. Pastilah pemasukan yang kita terima akan jauh lebih besar lagi.
Demikianlah sedikit jawaban yang bisa saya tuliskan seputar berbagai pertanyaan tentang menulis. Hal seputar menulis, sudah saya tuliskan dalam buku menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi.

Bagi anda yang tertarik, dan ingin mengikuti workshop menulis secara GRATIS, dapat mendaftarkan diri di http://akberbks4.eventbrite.com/ dengan trainer Indah Julianti Sibarani (@IndahJuli)
Kelas terbuka untuk umum dan gratis lho :)
Jangan lupa bawa alat tulis ya! :)

Info: Twitter ~ @AkberBKS | Facebook ~ http://fb.com/akberbekasi
Sabtu, 14 Juli 2012 jam 9 Pagi, di Imperial Education Indonesia, Kalimalang Square, Jl. KH. Noer Ali blok N no. 14 (sebelah Dolphin Karaoke)
Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://www.facebook.com/wijaya.kusumah/posts/322352794521861
tanggal : 05 Juli 2012 pk 11.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar