Kamis, 27 September 2012

Perkembangan ICT Bagi Guru TIK Harus Tahu Meskipun Bukan Terdepan


                                                               Oleh : Anda Sukanda, S.Pd.

AHLAN Wasahlan!

Kemajuan Information Communications Tecnologi (ICT)/TIK ini harus selalu diikuti (khususnya) Guru TIK yang konon katanya Guru Teknologi informatika dan Komunikasi...  tetapi selalu dan selalu ketinggalan berita selalu ketinggalan informasi.


Masih terdengar undangan untuk pertemuan MGMP ‘Guru TIK (misalkan) undangannya tidak sampai, informasi tidak nyambung sehingga Sang Guru TIK tidak tahu ada kegiatan tersebut, padahal tidak harus terpaku pada surat hitam diatas putih ”dulu”, informasi undangan sementara gunakanlah sms, surat untuk administrasi sekolah bisa diambil sekalian kegiatan berlangsung, asal info kegiatan; kapan dan dimana kegiatan tersebut berlangsung, nomor surat serta tanggal undangannya diketahui. Mengapa jangan terpaku nunggu surat undangan? Karena Majalengka itu luas kadang harus melalui lembah dan pegunungan, akses jalan raya yang terjal untuk dilalui. Mengapa harus ada nomor dan tanggal surat? Karena sekolah kita akan mengeluarkan surat tugas yang tentunya butuh data-data tersebut sebagai tertib administarasi sekolah.

Mengapa harus sms? tidak buat blog (misalkan) undangan dan lainnya di-scan terlebih dahulu oleh Pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), sehingga setiap guru TIK se-Majalengka dapat mengunduhnya dari internet, tinggal diprint di sekolah masing-masing, karena masih ada sekolah SMP/MTs di Majalengka belum terjangkau semuanya oleh fasilitas internet (kecuali ”minta pertolongan” ke warnet).



Untuk masalah diskomunikasi antar guru TIK seharusnya segera diatasi selain melalui Short Message Service (sms), Guru TIK harus ”melek internet” minimal 1 minggu satu kali atau dua minggu sekali, maksimalnya sebulan sekali ... Guru TIK se-Majalengka dalam hari dan waktu yang bersamaan berselancar di dunia maya; apakah itu memanfaatkan e-mail, milis, yahoo messenger, Geschool.net, facebook grup, atau fasilitas yang lainnya yang disepakati bersama.



Semoga saja dengan makin berkembangnya Information Communications Tecnologi (ICT)/TIK untuk Guru TIK 'khususnya' harus tahu dan dapat memanfaatkan kemanjuan ICT/TIK tersebut meskipun bukan terdepan dalam penggunaan fasiltas tersebut.



Anda Sukanda, S.Pd.

Guru TIK SMP Negeri 2 Jatiwangi Kabupaten Majalengka;

Pengurus MGMP TIK SMP/MTs Kabupaten Majalengka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar