Rabu, 18 Juli 2012

FASILITAS BELAJAR (KOMPUTER) SANGAT MEMPENGARUHI HASIL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

IIS ISNAWATI, ST
Guru TIK SMPN 1 PALASAH
            Fasilitas belajar dalam kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh akan keberhasilan proses  belajar mengajar. Mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran yang baru dimasukan ke kurikulum sekolah tingkat menengah pertama dan sekolah menengah atas pada tahun 2004. Sesuai dengan tujuan mata pelajaran TIK, yaitu mengenal dan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga siswa diharapkan mahir dalam menggunakan peralatan TIK. Maka diperlukan peralatan yang bisa digunakan untuk media pembelajaran TIK  tersebut. Komputer merupakan salah satu media yang sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses KBM, sehingga siswa mempunyai skill atau kemampuan dalam menggunakan peralatan TIK yang salah satunya adalah computer.
            Ketika fasilitas belajar kurang terpenuhi maka hasil belajar yang diperoleh oleh siswa pun tidak akan maksimal. Misal disuatu sekolah tingkat menengah pertama untuk kelas VIII materi  pelajaran TIK adalah praktek membuat dokumen sederhana di program aplikasi pengolah kata (Microsoft Word), computer nya hanya tersedia 4 unit pc yang akan digunakan oleh 38 orang siswa maka dalam proses KBM akan terhambat dan materi yang disampaikan ke siswa hasilnya tidak maksimal. Siswa hanya mengenal sekilas materi yang disampaikan karena tidak bisa menyerap apa yang disampaikan oleh guru hal itu disebabkan oleh keterbatasan media/alat pembelajaran.
            Alat pembelajaran yang kurang ternyata tidak mampu menunjang dalam proses belajar siswa, misal kita bandingkan dengan sekolah yang memiliki fasilitas belajar yang memadai yaitu memiliki 20 personal computer yang digunakan oleh 38 siswa, sehingga 1 personal computer bisa digunakan oleh 2 siswa. Dalam proses kegiatan belajar mengajar akan berjalan efektif dan aktif, maka materi yang disampaikan bisa diserap oleh para siswa dan hasil dari proses kegiatan belajar mengajar pun bisa maksimal. Para siswa tidak hanya mengenal  tapi mereka bisa mengaplikasikan hasil belajar tersebut dan mereka pun memiliki skill atau kemampuan dibidang aplikasi computer.
            Dapat disimpulkan kalau fasilitas belajar (komputer) untuk mata pelajaran TIK sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan mengajar untuk memaksimalkan hasil belajar yang diperoleh oleh para siswa.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar