Pengembangan Karir PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Undang-undang
RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen mengamanatkan Guru untuk memiliki :
(i) Kualifikasi akademik minimum S1/D-IV ; (ii) Kompetensi sebagai agen
pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional;
(iii) Sertifikat pendidik. Agar Guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen
pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada Undang-undang tersebut di atas,
maka Guru harus senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui
berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, kegiatan karya tulis ilmiah,
pertemuan dikelompok kerja dan musyawarah kerja yang terdiri dari : Kelompok
Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Pengawas
Sekolah (KKPS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala
Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).
Forum
Kelompok Kerja atau Forum Musyawarah Kerja diharapkan dapat terbentuk pada
masing-masing Kelompok Kerja dan Musyawarah Kerja, yang dimaksudkan untuk
meningkatkan kinerja KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS melalui koordinasi dan
jejaring antar Kelompok Kerja atau Musyawarah Kerja. Forum-forum tersebut
dibentuk pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi dan sinkronasi
program kerja antar KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS. Forum yang dapat
dibentuk terdiri dari Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG), Forum Kelompok Kerja
Kepala Sekolah (FKKKS), Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (FKKPS), Forum
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP), dan Forum Musyawarah Kerja Kepala
Sekolah (FMKKS).
Khusus
untuk MGMP, sampai saat ini ada beberapa MGMP yang belum memberikan kontribusi
yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Disisi lain, FMGMP
yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja MGMP belum terbentuk ditiap
Kabupaten/Kota.
Kendala-kendala
lain yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan Musyawarah Kerja yang aktif dan
efektif selain hal tersebut diatas adalah sebagai berikut :
1.
Manajemen
MGMP masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi
intensifikasi pembinaan kegiatan MGMP.
2.
Program
– program kegiatan MGMP masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan
profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.
3.
Dana
pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara tepat.
4.
Bervariasinya
perhatian dan kontribusi pemerintah daerah melalui dinas pendidikan terhadap
program dan kegiatan MGMP.
5.
Belum
ada faktor pendorong untuk membentuk FMGMP
Upaya
untuk merevitalisasi MGMP yang ada, dan membentuk FMGMP agar kegiatan yang
dilakukan di setiap MGMP dapat memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan
budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa dan kelas, sehingga
berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada
peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Salah satu upaya dari MGMP Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) Kabupaten Majalengka adalah dengan mengaktifkan MGMP di
lingkungan sekolah juga mengadakan pelatihan–pelatihan bagi guru–guru di
Kabupaten Majalengka, sehingga dapat meningkatkan kemampuan professional guru
dalam proses pembelajaran
dan peningkatan karir sebagai tenaga pendidik. Upaya tersebut
dilakukan karena ditemukan sejumlah masalah–masalah dalam proses belajar mengajar,
seperti :
1.
Kompetensi profesional guru masih dirasakan kurang dengan tidak adanya:
a)
pelaksanaan Pelatihan secara kontinyu
b)
Pemahaman tentang
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum menyeluruh
2.
Kompetensi pedagogik guru masih kurang diantaranya:
a)
Kurang memahami
model–model
pembelajaran yang terbaru, misalnya melalui pendekatan CTL, PAKEM, dan Case
study
b)
Kurangnya mengadakan Lesson Study untuk mengkaji proses
pembelajaran sehinggamampumemperbaikiproses dan mutupembelajaran.
c)
Kurang memahami penyusunan Classroom Action Reseach
(CAR)/PTK
Untuk membantu guru dalam pemenuhan pengembangan karir tenaga
pendidik, maka melaluidana bantuan langsung dari
pemerintah bagi MGMP SMP untuk
meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, MGMP TIK Kabupaten Majalengka menggulirkan program Pengembangan
Karir PTK Dikdas MGMP SMP tahun 2012.
B.
Dasar Hukum
1.
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
3.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan.
4.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Kewenangan
Pusat dan Daerah,
5.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;
6.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru.
7.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang StandarPengelolaan
Pendidikan.
8.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Program
Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam jabatan.
9.
Peraturan
Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya.
10. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
C. Tujuan
Secara
umum, tujuan
dari program ini adalah untuk meningkatkan profesianalitas guru.
Secara
khusus,
tujuan program ini meliputi:
1.
Meningkatkan
pengembangan karir sebagai tenaga pendidik.
2.
Meningkatkan kemampuan membuat laporan Penelitian
Tindakan Kelas.
D. Sasaran
Sasarankegiataniniadalah :
1.
Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan
kwalifikasi guru yang memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang
diampunya (TIK)
dan belum sertifikasi.
2.
Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kualifikasi
guru yang tidak memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya
(non TIK) dan
belum sertifikasi.
E. Hasil
yang diharapkan
Diharapkan setelah
melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja/musyawarah kerja dapat :
1.
Mampu
meningkatkan karir sebagai tenaga pendidik;
2.
Mampu melakukan
Penelitian Tindakan Kelas yang ditindaklanjuti dengan laporan PTK.
F. Manfaat
Kegiatan ini diharapkan dapat
memberi manfaat bagi :
- Guru, peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan profesionalisme.
- Guru, dapat meningkatkan pengembangan karir tenaga pendidik
- MGMP, membantu pemerintah dalam peningkatan pengembangan karir guru sebagai tenaga pendidik di kabupaten Majalengka.
- MGMP, dapat meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.
G. Dampak
Dampak dari kegiatan ini
adalah bagi:
1.
Guru, lebih
meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan agar
lebih profesional.
2.
Guru, dapat
mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik yang profesional
3.
MGMP, dapat
meningkatkan profesionalisme guru melalui pengembangan karir tenaga pendidik.
4.
MGMP, lebih
meningkatkan kualitas kinerja
pengurus MGMP.
BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM DAN KEGIATAN MGMP
SELAMA SATU TAHUN
A.
Rekapitulasi dan Deskripsi
Program Satu Tahun Terakhir
Secara umum program kegiatan satu tahun terakhir terdiri dari pendalaman materi
tentang KTSP, Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pembinaan Keprofesionalan
Berkelanjutan (PKB), Pendidikan Karakter Bangsa, PIKEM, Implementasi Model
Pembelajaran danPenilaianPendidikan,
PTK dalam bidang TIK, dan penggunaan ICT dalam
pembelajaran TIK.
Dari program kegiatan tersebut kami berharap mutu pembelajaran akan
meningkat. Dengan kegiatan ini kompetensi guru akan berkembang yang diikuti
meningkatnya kinerja guru. Kegiatan ini merupakan suatu proses yang diawali
dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berkesinambungan.
Alasan pelaksanaan program kegiatan dapat
diidentifikasi sebagai berikut:
1. Guru masih kesulitan dalam memahami dan melaksanakan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
2. Guru masih mendapatkan kesulitan dalam melaksanakan
beberapa jenis keterampilan mengajar.
3. MGMP
merupakan wadah yang tepat untuk digunakan dalam mendiskusikan permasalahan
yang dihadapi dan mencari jalan pemecahannya.
Program kegiatansatutahunterakhir MGMP TIK KabupatenMajalengkaadalahsebagaiberikut
:
No.
|
Pertemuan
|
Jenis Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
I
|
1.
Pemberian materi tentang
Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka disampaikan oleh Bapak Kepala
Dinas Pendidikan Kab. Majalengka.
2.
Pemberian materi tentang Kebijakan
Kemendikbud disampaikan oleh Bapak Kepala LPMP Jawa Barat
|
|
2
|
II
|
Pendalaman materi
tentang KTSP (buku 1 dan buku 2 ) danpenyusunan
KTSP disampaikan oleh nara sumber dari Pengawas Dikdas
Kabupaten Majalengka.
|
|
3
|
III
|
Sosialisasi tentang
Program PKG (PenilaianKinerja
Guru) dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas
Kabupaten Majalengka dan Fasilitator.
|
|
4
|
IV
|
Sosialisasi tentang
Program Penilaian Keprofesionalan Berkelanjutan dan praktek penilaian PKG/PKB
dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka dan
Fasilitator.
|
|
5
|
V
|
Pendalaman materi
tentang Pendidikan Karakter Bangsaoleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka
|
|
6
|
VI
|
Pendalaman materi
tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) disampaikan oleh
Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka.
|
|
7
|
VII
|
Pendalaman materi
tentang Implementasi Model Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan disampaikan
oleh Pengawas Dikdas Kabupaten Majalengka
|
|
8
|
VIII
|
Praktek penyampaian
pembelajaran TIK dengan menggunakan
Power Point danpengenalan MOODLE serta PC Station
dibimbing oleh Ketua ICT Kabupaten Majalengka.
|
|
9
|
IX
|
Pendalaman materi
tentang Penelitian Tindakan Kelas disampaikan oleh Pengawas Dikdas Kabupaten
Majalengka.
|
|
10
|
X
|
Pembuatan Proposal
Penelitian Tindakan Kelas dibimbing dan difasilitasi oleh Pengawas Dikdas
Kabupaten Majalengka dan Fasilitator
|
|
11
|
XI
|
Penguatan kelembagaan
Organisasi MGMP TIK melalui penyusunan data base anggota, dan penyempurnaan
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
|
|
12
|
XII
|
Bimbingan Teknis
Penyusunan Laporan Kegiatan dan Pertanggungjawaban Keuangan dipandu oleh
Narasumber dari LPMP Jawa Barat.
|
B.
C.
Bukti Hasil Pelaksanaan
Program
Bukti hasil
pelaksanaan program MGMP TIK SMP Kabupaten Majalengka tahun 2011 terlampir.
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
A. Program
1.
Latar
Belakang
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
adalah wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran yang tujuannya adalah
meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercantum dari
peningkatan hasil belajar peserta didik, serta meningkatkan kompetensi guru
melalui kegiatan-kegiatan di tingkat MGMP.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005
menegaskan kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi “Kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompeyensi profesional” (Pasal
10 ayat (1)). Berdasarkan hasil pertemuan Asosiasi LPTK Indonesia, penjabaran
tentang jenis-jenis kompetensi tersebut sebagai berikut:
a.
Kompetensi
pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman
terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi
pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimilikinya.
b.
Kompetensi
kepribadian yaitu memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan
berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
c.
Kompetensi
profesional yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan
mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar
kompetensi.
Kompetensi yang dimiliki oleh setiap
guru akan mewujudkan kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi tersebut akan
terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan
fungsinya sebagai guru. Guru selaku pemegang amanah pendidikan bertugas
untuk mewujudkan pengembangan aspek
intelektual, watak, moral, sosial dan fisik peserta didik atau dengan kata lain
menciptakan peserta didik menjadi manusia seutuhnya.
Untuk mewujudkan harapan di atas, maka
guru memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Mutu pendidikan peserta didik sangat dipengaruhi oleh mutu proses pembelajaran.
Mutu proses pembelajaran salah satunya sangat ditentukan oleh mutu dan kinerja
guru.s ecara umum mutu dan kinerja guru kita masih belum memadai baik secara
kuantitas maupun kualitas, karena masih banyak guru yang belum memenuhi standar
kompetensi guru. Akibatnya proses pembelajaran yang dilakukan di kelas
cenderung belum efektif dan efesien, sehingga profesional guru dikalangan
pendidik masih rendah.
Salah satu upaya dari MGMP Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) Kabupaten Majalengka adalah dengan mengaktifkan MGMP di lingkungan sekolah juga mengadakan
pelatihan–pelatihan bagi guru–guru di Kabupaten Majalengka, sehingga dapat
meningkatkan kemampuan professional guru dalam proses pembelajaran. Upaya
tersebut dilakukan karena ditemukan sejumlah masalah–masalah dalam proses
belajar mengajar, seperti :
1.
Kompetensi propesional guru masih dirasakan kurang dengan
tidak adanya:
a)
pelaksanaan Pelatihan secara kontinu
b)
Pemahaman tentang
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) belum menyeluruh
2.
Kompetensi pedagogik guru masih kurang diantaranya:
a)
Kurang memahami
model–medel pembelajaran yang terbaru, misalnya melalui pendekatan CTL, PAKEM,
dan Case study
b)
Kurangnya mengadakan Lesson Study untuk mengkaji proses
pembelajaran sehinggamampumemperbaikiproses dan mutupembelajaran.
c)
Kurang memahami penyusunan Classroom Action Reseach
(CAR)/PTK
Untuk membantu
guru dalam pemenuhan kriteria kompetensinya terutama yang terdapat dalam
aspek–aspek pedagogik, maka Pengurus MGMP TIK Kabupaten Majalengkamerencanakan
program Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) MGMP TIK SMP
tahun 2012 untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
Berjalanya program diatas harus
disertai dengan adanya dukungan dari Dinas Pendidikan, Komite dan Kepala Sekolah baik berupa materi atau pun berupa
dukungan non materi sehingga program dapat tercapai.
2.
Tujuan
Secara
umum, tujuan
dari program ini adalah untuk meningkatkan profesianalitas guru.
Secara
khusus,
tujuan program ini meliputi:
a.
Meningkatkan
pengembangan
karir sebagai tenaga pendidik.
b.
Meningkatkan kemampuan membuat laporan Penelitian
Tindakan Kelas.
3.
Sasaran
Sasarankegiataniniadalah :
a.
Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan
kwalifikasi guru yang memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya
(TIK) dan belum sertifikasi.
b.
Guru-guru
SMP/MTs Negeri/Swasta yang menjadi anggota MGMP TIK Kabupaten Majalengka dengan kwalifikasi guru
yang tidak memiliki ijazah sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya (non
TIK) dan belum
sertifikasi.
4.
Hasil
yang diharapkan
Diharapkan setelah
melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja/musyawarah kerja dapat :
a.
Mampu
meningkatkan karir sebagai tenaga pendidik;
b.
MampumelakukanPenelitianTindakanKelas
yang ditindaklanjutidenganlaporan PTK.
5.
Manfaat
Kegiatan ini diharapkan dapat
memberi manfaat bagi :
a.
Guru, peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk
meningkatkan profesionalisme.
b.
Guru, dapat meningkatkan pengembangan karir tenaga pendidik
c.
MGMP, membantu pemerintah dalam peningkatan pengembangan karir guru sebagai tenaga pendidik di kabupaten
Majalengka.
d.
MGMP, dapat meningkatkan kualitas kinerja pengurus MGMP.
6.
Dampak
Dampak dari kegiatan ini
adalah bagi:
a.
Guru, lebih
meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan agar
lebih profesional.
b.
Guru, dapat
mengembangkan karir sebagai tenaga pendidik yang profesional
c.
MGMP, dapat
meningkatkan profesionalisme guru melalui pengembangan karir tenaga pendidik.
d.
MGMP, lebih
meningkatkan kualitas kinerja
pengurus MGMP.
7.
Pelaksanaan
Kegiatan ini
dilaksanakan dalam bentukWorkshop
dengan materi yang disajikan menitik beratkan pada peran aktif peserta, metode
yang variatif dan pemateri atau fasilitator yang kompetens.
8.
Metode
Dalam kegiatan ini
metode yang digunakan adalah metode pembelajaran keterampilan proses meliputi:
a.
Metode
ceramah / informasi, penyampaian informasi terbaru untuk menambah wawasan /
pengetahuan guru
b.
Metode
diskusi, untuk mendiskusikan berbagai hal yang ada kaitannya dengan materi
kegiatan
c.
Tanya
jawab, adanya timbal balik antara peserta dan fasilitator dalam materi kegiatan
d.
Brainstroming,
e.
Role
playing,
f.
Kerja
kelompok, kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan dari materi kegiatan
g.
Simulasi,
mempraktekan materi kegiatan
h.
Peragaan,
memberikan contoh dari metari kegiatan yang diberikan oleh fasilitator
i.
Eksperimen,
j.
Studi
dokumen
9.
Struktur
Program
No.
|
Mata Bimbingan Teknis
|
Jam
|
1
|
Pertemuan pertama, Tahap I : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Paparan
pengembangan karir PTK SMP, meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan
karya inovatif
|
5
|
2
|
Pertemuan kedua, Tahap II : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Kegiatan
identifikasi, perumusan masalah dan penyusunan draf proposal pengembangan
karir PTK SMP
|
5
|
3
|
Pertemuan ketiga, Tahap III : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Asistensi
dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP dan penyusunan dan
asistensi penyusunan instrumen
|
5
|
4
|
Pertemuan keempat, Tahap IV : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Validasi
dan perbaikan instrumen: pengumpulan data (Colecting Data)
|
5
|
5
|
Pertemuan kelima, Tahap V : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Pengumpulan,
entry, pengolahan (analisis dan interpensi) data
|
5
|
6
|
Pertemuan keenam, Tahap VI : 8 jam Bimtek
/ Workshop
·
Pengolahan
dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
|
5
|
7
|
Pertemuan ketujuh, Tahap VII : 8 jam
Bimtek / Workshop
·
Analisis
dan interpretasi data
|
5
|
8
|
Pertemuan kedelapan, Tahap VIII : 8 jam
Bimtek / Workshop
·
Analisis,
interpretasi data dan penyusunan draf laporan
|
5
|
9
|
Pertemuan kesembilan, Tahap IX : 8 jam
Bimtek / Workshop
·
Penyusunan
laporan, asistensi penyusunan laporan dan seminar
|
5
|
10
|
Pertemuan kesepuluh, Tahap X : 8 jam
Bimbingan teknisdan atau Workshop
·
Perbaikan
dan finalisasi laporan
|
5
|
11
|
Pertemuan kesebelas, Tahap XI : 8 jam
Bimbingan teknis dan atau Workshop Bimtek / Workshop
·
Asistensi,
finalisasi dan presentasi laporan
|
5
|
12
|
Pertemuan keduabelas, Tahap XII : 8 jam
Bimtek / Workshop
·
Paparan
penulisan artikel jurnal, analisis hasil penelitian, penulisan artikel
jurnal, asistensi penulisan artikel jurnal
|
5
|
13
|
Pertemuan ketigabelas, Tahap XIII :
8 jam Bimbingan teknis dan atau Workshop
·
Analisis
hasil penelitian, penulisan artikel jurnal
|
5
|
14
|
Pertemuan keempatbelas, Tahap XIV :
8 jam Bimtek / Workshop
·
Penulisan,
review, dan finalisasi artikel jurnal
|
5
|
15
|
Pertemuan kelimabelas, Tahap XV : 8 jam
Bimtek / Workshop
·
Paparan
penulisan karya ilmiah populer, identifikasi dan perumusan masalah,
penyusunan draf artikel ilmiah populer
|
5
|
16
|
Pertemuan keenambelas, Tahap XVI : 8
jam Bimtek / Workshop
·
Review
draf artikel ilmiah populer, finalisasi artikel ilmiah populer
|
5
|
10. Silabus
No.
|
Materi
|
Kegiatan Pokok
|
Frek.
|
Pert.
|
JP
|
1
|
Pengembangan karir
|
Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif
|
5
|
1
|
5
|
2
|
Penyusunan proposal
|
·
Identifikasi
masalah
·
Perumusan
masalah
·
penyusunan
draf proposal pengembangan karir PTK SMP
|
5
|
1
|
5
|
3
|
Penyempurnaan proposal dan penyusunan
|
·
Asistensi
dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP
·
Penyusunan
dan asistensi penyusunan instrumen
|
5
|
1
|
5
|
4
|
Validasi dan perbaikan instrumen
|
·
Validasi
dan perbaikan instrumen:
·
Pengumpulan
data (Colecting Data)
|
5
|
1
|
5
|
5
|
Collecting Data; entry data
|
·
Pengumpulan
data,
·
Entry
data,
·
Pengolahan
(analisis dan interpensi) data
|
5
|
1
|
5
|
6
|
Asisting Data, Analysis and interpretation
|
·
Pengolahan
dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data
|
5
|
1
|
5
|
7
|
Analyssing data and interpreting data
|
·
Analisis
dan interpretasi data
|
5
|
1
|
5
|
8
|
Analyssing data; interpreting data writing report
|
·
Analisis
data,
·
Interpretasi
data
·
Penyusunan
draf laporan
|
5
|
1
|
5
|
9
|
Writing report; assisting writing report
|
·
Penyusunan
laporan,
·
Asistensi
penyusunan laporan
·
Seminar
|
5
|
1
|
5
|
10
|
Reviewing report; finalising report
|
·
Perbaikan
dan finalisasi laporan
|
5
|
1
|
5
|
11
|
Finalising report; and report
|
·
Asistensi,
finalisasi dan presentasi laporan
|
5
|
1
|
5
|
12
|
Paparan penulisan artikel; jurnal
|
·
Paparan
penulisan artikel jurnal,
·
Analisis
hasil penelitian,
·
Penulisan
artikel jurnal,
·
Asistensi
penulisan artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
13
|
Penulisan artikel; jurnal
|
·
Analisis
hasil penelitian,
·
Penulisan
artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
14
|
Review hasil penulisan artikel; jurnal
|
·
Penulisan,
review, dan finalisasi artikel jurnal
|
5
|
1
|
5
|
15
|
Paparan penulisan karya ilmiah populer
|
·
Paparan
penulisan karya ilmiah populer,
·
Identifikasi
dan perumusan masalah,
·
Penyusunan
draf artikel ilmiah populer
|
5
|
1
|
5
|
16
|
Review draf review draf artikel ilmiah populer
|
·
Artikel
ilmiah populer,
·
Finalisasi
artikel ilmiah populer
|
5
|
1
|
5
|
11. Tempat dan Waktu
a.
Tempat Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan kegiatan ini tidak dilaksanakan di
satu tempat tetapi bergiliran di beberapa sekolah, hal ini dilakukan agar lebih
mempererat silaturahmi antar anggota MGMP TIK SMP Kabupaten Majalengka
b.
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kerja selama 2 (dua)
minggu sesuai dengan jadwal kegiatan. Kegiatan rencananya dimulai pada tanggal
21 mei s.d. 7 Juni 2012 selama 16 kali pertemuan (1 pertemuan 5 jam @ 45
menit).
12. Peserta
Peserta kegiatan ini adalah 30 orang guru SMP/MTs anggota
MGMP TIK Kabupaten Majalengka.
13. Penyaji
Nara
sumber kegiatan ini adalah:
a.
Widyaiswara
LPMP
b.
Pengawas
Dikmen Kabupaten Majalengka
c.
Instruktur
Kabupaten/Guru Senior
14. Monitoring dan Evaluasi
Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh pihak internal
dan eksternal dengan waktu yang bersifat terjadwal maupun spontan. Evaluasi dilaksanakan secara bertahap mulai
dari tahap persiapan/perencanaan program, tahap pelaksanaan dan tahap akhir
kegiatanprogram.
B. Jadwal
No.
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
||
1
|
Hari
Senin Tanggal21 Mei 2012, Pertemuan I
|
||||
08.00
– 08.45
|
Pembukaan
|
||||
08.45
– 10.15
|
Kebijakan Dinas Pendidikan Kab. Majalengka dalam
pengembangan karir PTK
|
Kepala
Dinas Pendidikan Kab. Majalengka
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Paparan Pengembangan karir PTK
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
2
|
Hari
Selasa Tanggal 22 Mei 2012, Pertemuan II
|
||||
08.00
– 08.45
|
Identifikasi masalah
|
||||
08.45
– 10.15
|
Perumusan masalah
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
penyusunan
draf proposal pengembangan karir PTK SMP
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
3
|
Hari
Rabu Tanggal 23 Mei 2012, Pertemuan III
|
||||
08.00
– 10.15
|
Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembangan
karir PTK SMP
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Penyusunan
dan asistensi penyusunan instrumen
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
4
|
Hari
Kamis Tanggal 24 Mei 2012, Pertemuan IV
|
||||
08.00
–10.15
|
Validasi dan perbaikan instrumen:
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Pengumpulan
data (Colecting Data)
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
5
|
Hari
Jum’at Tanggal 25 Mei 2012, Pertemuan V
|
||||
08.00
– 09.30
|
Pengumpulan data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
09.30
– 10.15
|
Entry data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Pengolahan
(analisis dan interpensi) data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
6
|
Hari
Sabtu Tanggal 26 Mei 2012, Pertemuan VI
|
||||
08.00
– 10.15
|
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan
interpretasi) data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan
interpretasi) data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
7
|
Hari
Senin Tanggal 28 Mei 2012, Pertemuan VI
|
||||
08.00
– 10.15
|
Analisis dan interpretasi data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Analisis dan interpretasi data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
8
|
Hari
Selasa Tanggal 29 Mei 2012, Pertemuan VIII
|
||||
08.00
– 09.30
|
Analisis data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
09.30
– 10.15
|
Interpretasi
data
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Penyusunan
draf laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
9
|
Hari
Rabu Tanggal 30 Mei 2012, Pertemuan IX
|
||||
08.00
– 09.30
|
Penyusunan laporan,
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
09.30
– 10.15
|
Asistensi penyusunan laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Seminar
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10
|
Hari
Jum’at Tanggal 31 Mei 2012, Pertemuan X
|
||||
08.00
– 10.15
|
Perbaikan dan finalisasi laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Perbaikan dan finalisasi laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
11
|
Hari
Sabtu Tanggal 1 Juni 2012, Pertemuan XI
|
||||
08.00
– 10.15
|
Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Asistensi, finalisasi dan presentasi laporan
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
12
|
Hari
Senin Tanggal 2 Juni 2012, Pertemuan XII
|
||||
08.00
– 08.45
|
Paparan penulisan artikel jurnal,
|
LPMP
|
|||
08.45
– 09.30
|
Analisis
hasil penelitian
|
LPMP
|
|||
09.30
– 10.15
|
Penulisan
artikel jurnal
|
LPMP
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Asistensi
penulisan artikel jurnal
|
LPMP
|
|||
13
|
Hari
Selasa Tanggal 4 Juni 2012, Pertemuan XIII
|
||||
08.00
– 10.15
|
Analisis hasil penelitian,
|
LPMP
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Penulisan
artikel jurnal
|
LPMP
|
|||
14
|
Hari
Rabu Tanggal 5 Juni 2012, Pertemuan XIV
|
||||
08.00
– 10.15
|
Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
|
LPMP
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Penulisan, review, dan finalisasi artikel jurnal
|
LPMP
|
|||
15
|
Hari
Kamis Tanggal 6 Juni 2012, Pertemuan XV
|
||||
08.00
– 10.15
|
Paparan penulisan karya ilmiah populer,
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
09.30
– 10.15
|
Identifikasi
dan perumusan masalah
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Penyusunan
draf artikel ilmiah populer
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
16
|
Hari
Jum’at Tanggal 7 Juni 2012, Pertemuan XVI
|
||||
08.00
– 10.15
|
Artikel ilmiah populer
|
Pengawas
Dikmen
|
|||
10.15
– 10.30
|
Istirahat
|
||||
10.30
– 12.00
|
Finalisasi
artikel ilmiah populer
|
Pengawas
Dikmen
|
BAB IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai wahana bagi guru-guru untuk
mengaktualisasikan kemampuan dan kompetensi guru, diharapkan dapat mencetak
guru profesional yang handal, mampu mengatasi masalah multi dimensi dalam dunia
pendidikan dan dapat meningkatkan pengembangan karir. Untuk memperoleh hasil
yang optimal memang butuh perjuangan serta biaya yang tidak sedikit, namun dengan adanya
peluang untuk mendapatkan bantuan dana pengembangan karir Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (PTK) Dikdas tahun 2012 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI diharapkan dapat mengoptimalkan
peningkatan profesionalisme guru.
Kegiatan
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara materi sehingga dapat
mengatasi kesulitan dan ketidakmampuan dalam merealisasikan program kerja MGMP.
Oleh karena itu, besar harapan kami, pengajuan proposak ini dapat memenuhi
harapan pihak yang terkait agar pengembangan dan peningkatan kualitas
pendidikan di daerah mengalami pencerahan dan kemajuan menuju arah yang lebih
baik.
B. Rekomendasi
Saran
untuk Dirjen Dikdas Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan Dasar, LPMP, Dinas Pendidikan maupan instansi terkait agar
menjadikan kegiatan MGMP ini dijadikan agenda rutin dilaksanakan setiap tahun
untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru yang belum mendapat kesempatan
untuk mengikuti kegiatan MGMP tahun ini dan sebagai tempat untuk mengembangkan
karir sebagai tenaga pendidik.
Terakhir,
semoga apa yang telah kami susun dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak
Dirjen Dikdas Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan
Dasar sehingga visi dan misi pendidikan di daerah kami dapat dilaksanakan dalam
bentuk realisasi kegiatan yang nyata dan berguna dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan.
Majalengka, April 2012
Ketua, Sekretaris,
ANDA SUKANDA, S,Pd. AGUS KOSWARA, S.Pd.
NIP.19680302 199303 1 010 NIP.
19740814 200801 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar